1 Apr 2011

Facial untuk mengikis jerawat !

APA jadinya jika kulit wajah berjerawat? Yang pertama akan Anda alami adalah rasa kurang percaya diri dalam pergaulan. Bekas-bekas jerawat pada wajah akan membentuk flek hitam yang sulit untuk dihilangkan. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat berikut flek hitam yang biasanya mengikuti setelahnya?

Apa yang menyebabkan Anda merasaminder atau tidak percaya diri dalam pergaulan? Mungkin salah satu jawabannya adalah karena Anda memiliki masalah pada wajah, yaitu adanya jerawat dan flek hitam. Keduanya memang sangat mengganggu dan megurangi keapikan penampilan Anda. Apalagi bekas-bekas jerawat yang akhirnya menjadi flek hitam di wajah tidak mudah untuk dihilangkan dalam waktu singkat.

Dari segi ilmu pengetahuan, jerawat atau acne adalah penyakit pada kulit wajah yang diakibatkan adanya ketidak normalan kulit akibat berlebihannya produksi kelenjar minyak. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan mengakibatkan saluran follicle rambut dan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Saluran yang tersumbat itu akan mengalami peradangan sehingga membentuk komedo.

Jerawat digolongkan ringan bila bentuknya masih komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125, maka dinamakan jerawat sedang. Jerawat besar yang disebut nodul atau kista timbul bila lesi di atas 125.

Daerah yang mudah terkena jerawat pada usia 13-20 tahun, 15 persen populasi mengalaminya hingga usia 30 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun. Karena itu perlu Anda pahami beberapa penyebab utama munculnya jerawat.

Penyebab mengapa seseorang mempunyai jerawat dan yang lain tidak punya masih belum diketahui secara pasti. Setiap orang memiliki potensi berjerawat apabila tidak memperhatikan gejala penyebab dari munculnya jerawat. Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat secara umum adalah depresi dan stres berat, faktor keturunan atau genetik, aktivitas hormon yang berlebihan, kelenjar minyak yang hiperaktif, dan bakteri yang mengendap pada pori-pori kulit.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam yang menyertai sesudahnya? Menurut Johnny Andrean, pakar hairdresser dan make-up stylist, cara membersihkan wajah dari jerawat dan flek hitam pada wajah caranya sederhana. Anda dapat melakukan pembersihan pada wajah dengan cara facial di salon. Cara ini kerap dilakukan karena terbilang efektif untuk mencegah munculnya jerawat.

Menurut Johnny, facial memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan cara-cara tradisional dalam menghilangkan jerawat.

"Untuk sterilitas dan menghindari infeksi, Anda dapat melakukan facial pada wajah secara rutin sekali dalam seminggu. Dengan demikian, dalam beberapa minggu kedepan Anda akan mendapatkan hasil optimal dengan terbebas dari jerawat," katanya.
(Genie/Genie/tty)
sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar